Fisika SMP dan SMA

Fisika SMP dan SMA

Wednesday, March 11, 2015

Kisi-Kisi UJIAN MID SEMESTER GENAP IPA KTSP Kelas 7



Kisi-Kisi Penulisan Soal
UJIAN MID SEMESTER GENAP
Tahun Pelajaran 2014/2015

Jenis Sekolah             : SMP                        Kurikulum        : KTSP
Mata Pelajaran           :  IPA                          Jumlah Soal    : 40 butir                                                   Kelas/Semester          : VII/2                        Alokasi Waktu : 90 menit

No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jumlah Soal
1.

Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari

Ø  Pemuaian
Ø  Bimetal
-       Siswa dapat mendefenisikan pengertian pemuaian
-            Diberikan gambar, siswa dapat menjelaskan contoh peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
-           Siswa dapat menentukan jenis pemuaian pada zat cair, zat padat, dan gas.
-            Siswa dapat menentukan salah satu besaran pada persamaan pemuaian panjang, pemuaian luas, dan pemuaian volume jika besaran lain diketahui
-            Diberikan gambar, siswa dapat menjelaskan konsep bimetal yang terjadi pada gambar.
8 soal
2.
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kalor :
Ø  Kalor
Ø  Kapasitas Kalor
Ø  Perubahan Kalor
Ø  Azas Black
Ø  Perpindahan Kalor
-     Diberikan pernyataan, siswa dapat menentukan arah aliran kalor yang terjadi
-        Diberikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan yang terjadi pada benda yang diberi kalor
-        Siswa dapat mengkalibrasi satuan kalor
-        Siswa dapat menentukan banyak kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu suatu benda
-        Siswa dapat menyebutkan defenisi kalor jenis.
-        Siswa dapat menentukan suhu campuran yang dihasilkan jika dua zat bersuhu beda dicampur
-        Siswa dapat menentukan bentuk perubahan wujud zat yang terjadi pada benda yang diberi kalor atau melepaskan kalor
-        Diberikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan..
-         Siswa dapat menentukan banyaknya kalor yang diperlukan pada saat mendidihkan atau meleburkan zat.
-        Diberikan pernyataan, siswa dapat menentukan jenis perpindahan kalor yang terjadi
12 soal

3.
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme , serta komposisi utama penyusun sel
Ø  Organisasi kehidupan
     - Disajikan data siswa dapat menentukan jaringan yang sesuai dengan fungsinya
     -  Disajikan gambar siswa dapat menentukan macam-macam jaringan yang terdapat pada tumbuhan
2 soal
   













4.
Menentukanekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
Ø  Saling ketergantungan antar ekosistem
-   Menentukan komponen –komponen abiotik pada suatu ekosistem
-   Disajikan data suatu ekosistem, siswa dapat menentukan satuan dalam ekosistem
-   Siswa dapat menentukan satuan dalam ekosistem
-   Siswa dapat menentukan kepadatan populasi pada ekosistem sawah
-   Siswa dapat menentukan organsme yang termasuk autotrof
-   Menjelaskan urutan rantai makanan yang benar
-   Menjelaskan pola interaksi  antara organism
-   Menjelaskan arus energy yang terdapat pada makhluk hidup
-   Menentukan hubungan simbiosis pada suatu  ekosistem
-   Menetukan interaksi yang terjadi antara produsen dan konsumen
-   Menentukan hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik
11 soal






5.
Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
Ø  Keanekaragamman makhluk hidup
-   Menetukan keanekaragaman pada makhluk hidup
-   Menentukan keseimbangan alam dalam suatu ekosistem
-   Menentukan beberapa jenis hewan langka yang dilindungi
-   Menetukan faktor-faktor penyebab kelangkaan tumbuhan dan hewan
-   Menjelaskan manfaat menjaga kelestarian hutan
-   Menjelaskan usaha-usaha untuk melindungi flora dan fauna secara in situ dan ex situ
-   Perbedaan pelestarian flora dan fauna secara in situ dan ex situ
7 soal

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       Penulis

No comments:

Post a Comment