Fisika SMP dan SMA

Fisika SMP dan SMA

Saturday, August 20, 2016

CONTOH ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD

ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD
ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VII DAN VIII

MATA PELAJARAN               : IPA
KELAS                                  : VII
TEMA                                    : Perubahan benda-benda di sekitar kita
Do main
Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Esensial
Aktivitas Pencapaian  Kompetensi 
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
All materi
Menerima, menghayati, mengamalkan, beriman, dan berakhlak mulia
Mengahargai dan mengahayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
Ø Zat dan karakteristiknya
Ø Massa jenis
Ø Perubahan zat
Ø Pemisahan campuran
Jujur, tanggungjawab, kerjasama, dan musyawarah
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
Memahami pengetahu an ( faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.5.  Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari

Ø All materi
-Membaca, mendengar, menyimak
-mengamati objek/ kejadian,
-Mengajukan pertanyaan
-Mengolah informasi
-Menyampai-kan hasil pengamatan dan kesimpulan
Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (mengguna kan, mengurai,  merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak         ( menulis, membaca, menghitung, menggam bar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.6.  Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifatfisikadan kimia







Ø Pemisahan campuran









-Membaca, mendengar
-mengamati kejadian
-Mengajukan pertanyaan
-Mengolah informasi
-Menyampai kan hasil pengamatan

4.7. Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifatlarutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami.



Ø  Larutan asam, basa, dan garam

-Membaca, mendengar
-Mengolah informasi
-Menyampai kan hasil pengamatan dan kesimpulan



No comments:

Post a Comment