SKL
UJIAN SEMESTER GENAP
T.P 2014/2015
KOTA PADANG
Jenis
Sekolah: : SMP/MTs
Kelas/Semester : VII/2
Mata
PeIajaran : IPA
Kurikulum : KTSP
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
Indikator Pencapaian
|
Materi Uji
|
Jumlah Soal
|
1.
|
Memahami wujud zat dan perubahannya
|
Melakukan percobaan yang berkaitan
dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ø
Mendeskripsikan
konsep pemuaian dalam kehidupan
sehari-hari
Ø
Menentukan besaran fisis pada pemuian
Ø
Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi misalnya
Bimetal
|
Pemuaian
Bimetal
|
4
|
Mendeskripsikan
peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ø Mendefenisikan
pengertian kalor
Ø Menentukan
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda
dan perubahan wujud zat
Ø Menentukan
besaran fisis pada peristiwa mendididh
dan melebur
Ø
Menyelidiki perpindahan kalor yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari
|
>Kalor
>Perpindahan kalor
|
5
|
||
2.
|
Memahami berbagai sifat dalam perubahan
fisika dan kimia.
|
Membandingkan sifat kimia dan sifat fisika zat
|
Ø
Membedakan sifat fisika dan sifat kimia zat.
|
Sifat Fisika dan Sifat Kimia
|
1
|
Melakukan pemisahan campuran dengan
berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
|
Ø
Menentukan prinsip atau cara yang digunakan dalam proses
pemisahan campuran.
|
Pemisahan campuran
|
1
|
||
Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia
berdasarkan hasil percobaan sederhana
|
Ø
Menentukan beberapa peristiwa yang menunjukkan perubahan kimia
dan perubahan fisika.
|
Perubahan fisika dan perubahan kimia
|
1
|
||
Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia
melalui percobaan sederhana
|
Ø
Menentukan ciri-ciri reaksi kimia
|
Reaksi kimia
|
1
|
||
3.
|
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.
|
Menganalisis
data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Ø Mendefenisikan
pengertian gerak
Ø Menentukan
perbedaan jarak dan perpindahan suatu
benda
Ø Menentukan
perbedaan kelajuan dan kecepatan suatu benda
Ø Menentukan
percepatan suatu benda
Ø Menentukan
jenis gerak lurus dan karakteristiknya
|
Gerak
Gerak Lurus
|
7
|
4.
|
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
Mendeskripsikan
keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai
organisme
|
Ø
Menentukan
organel-organel yang terdapat pada sel
Ø
Menetukan
jaringan yang terdapat pada tumbuhaan
Ø
Menetukan
urutan hirarki kehidupan organisme
|
Organisasi
kehidupan
-
>Sel
-
>jaringan
|
3
|
Menentukan
ekosistem dan saling ketergantungan hubungan antara komponen ekosistem
|
Ø
Menentukan
satuan makhluk hidup dalam suatu ekoistem
Ø
Menentukan
organisme yang termasuk heterotrof
Ø
Menentukan
hubungan rantai makanan yang terdapat
pada jaring-jaring makanan
Ø
Menentukan
saling ketergantungan makhluk hidup antara komponen abiotik dan biotic
|
Ekosistem
-
populasi
-
ekosistem
-
heterotrof
|
5
|
||
Mengidentifikasikan
pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
|
Ø
Menentukan
akibat kepunahan dari makhluk hidup
Ø
Menentukan
faktor-faktor yang menyebabkan kepunahan makhluk hidup
Ø
Menentukan
usaha perlindungan terhadap tumbuhan tertentutu agar tidak punah
Ø
Menentukan
usaha yang dilakukan untuk memulihkan hewan langka
|
Keanekaragaman
makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
|
4
|
||
Memprediksi pengaruh
kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
|
Ø
Menentukan
pertumbuhan populasi manusia
Ø
Menentukan
pengaruh kepadatan penduduk terhadap pendidikan
Ø
Menentukan
usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi kekurangan pangan
Ø
Menentukan
pengaruh kepadatan penduduk terhadap daya dukung lingkungan
|
Kepadatan
populasi manusia hubungannya dengan lingkungan
|
4
|
||
Mengaplikasikan
peran manusia dalam pengelolaan lingkungn untuk mengatasi pencemaran ddan
kerusakan lingkungan
|
Ø
Menentukan
usaha yang dilakukan akibat pencemaran air
Ø
Menentukan
usaha yang dilakukan untuk mengatasi pencemaran tanah
Ø
Menentukan
faktor-faktor yang mempengaruhi pemanasan global
Ø
Menentukan
cara mengatasi limbah rumah tangga
|
Pencemaran
dan kerusakan lingkungan
|
4
|
||
TOTAL
|
40
|
Padang, 27 April 2015
Tim Penulis
No comments:
Post a Comment