Fisika SMP dan SMA

Fisika SMP dan SMA

Tuesday, September 5, 2017

Indikator UN IPA SMP Materi Irisan KTSP dan K13

      Hello sobat einsteins, semoga selalu sehat dan dalam kondisi yang baik ya. Sebagai patokan yang bisa sobat einsteins pakai untuk mempersiapkan diri lebih dini menghadapi Ujian Nasional 2017-2018, berikut dituliskan Indikator UN IPA SMP Materi Irisan KTSP dan K13 sebelumnya.

1.     Besaran Pokok dan besaran turunan:
Siswa dapat mengelompokkan data spesifikasi suatu produk berdasarkan besaran pokok atau besaran turunan.

2.     Pengukuran
Siswa dapat mengukur besaran tertentu dengan alat ukur yang benar misalnya panjang benda/binatang yang mempunyai ukuran tertentu (misal 4 mm).

3.     Energi Potensial, Kinetik atau Kimia
Disajikan beberapa pernyataan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan pernyataan2 yang berkaitan dengan bentuk energi potensial/kinetik/kimia.

4.     Energi Potensial dan Kinetik
Disajikan gambar lintasan benda yang dilempar parabola, siswa dapat menentukan energi kinetik dan energi potensial pada posisi tertentu.

5.     Termometer
Siswa mampu mengkonversi skala termometer buatannya dengan skala termometer Celsius/Reamur/Fahrenheit

6.     Kalor
Disajikan ilustrasi kalor yang diperlukan untuk mengubah suhu suatu zat dan disajikan tabel berisi nama zat beserta nilai kalor jenisnya, siswa dapat menentukan nama zat berdasarkan ilustrasi tersebut.

7.     Bimetal
Disajikan empat gambar bimetal melengkung dengan berbagai posisi, dan tabel koefisien muai dari logam-logam tersebut, siswa dapat menentukan 2 gambar yang benar.

8.     Perpindahan Kalor
Disajikan 5 pernyataan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan 3 pernyataan yang berkaitan dengan peristiwa konduksi/konveksi/radiasi.

9.     GLB dan GLBB
Disajikan tabel berisi empat pernyataan berkaitan dengan kecepatan dan percepatan, siswa dapat menentukan 2 benda yang mengalami GLB dan GLBB.

10.  Hukum II Newton
Disajikan 4 gambar benda yang sama massanya, dikenai 3 gaya berbeda besar dan arah, siswa dapat menentukan benda yang memperoleh percepatan terbesar/ terkecil (gambar  sebagai option).

11.  Karakteristik bahan
Disajikan ilustrasi penggunaan suatu bahan untuk alat tertentu, siswa dapat menentukan jenis bahan yang sesuai berdasarkan sifat dan karakteristiknya.

12.  Pesawat sederhana
Disajikan gambar tuas, siswa dapat menentukan kuasa terkecil/terbesar dengan mengubah posisi titik tumpu/beban/kuasa.

13.  Pesawat sederhana
Disajikan 5 kegiatan manusia dan alat yang dipergunakannya, siswa dapat menentukan 2 kegiatan yang menggunakan jenis pesawat sederhana tertentu.

14.  Tekanan Hidrostatika
Disajikan 4 gambar benda dari bahan yang sama dengan volume berbeda dimasukkan ke dalam tabung berisi zat cair yang berbeda, siswa dapat menentukanzat cair yang massa jenisnya palingbesar atau paling kecil.

15.  Tekanan Hidrostatika
Disajikan gambar 2 buah benda berada dalam air dengan kedudukan tertentu, siswa dapat menentukan perbedaan (selisih) letak benda jika besaran lain diketahui dengan menggunakan prinsip tekanan hidrostatis.

16.  Ayunan / Getaran
Disajikan 4 gambar ayunan sederhana dilengkapi dengan data terkait seperti massa bandul, panjang tali, dan besar simpangan,siswa dapat menentukan  frekuensi atau periode yang terbesar dan terkecil.

17.  Bunyi Pantul
Disajikan gambar dasar laut yang memiliki kedalaman berbeda, siswa dapat menentukan perbedaan kedalaman dasar laut tersebut berdasarkan data yang diperoleh dari alat pengukur kedalaman laut dengan menggunakan konsep pemantulan bunyi.

18.  Gelombang
Disajikan 4 gambar gelombang transversal yang berbeda namun diperoleh dari seutas tali yang panjangnya sama, siswa dapat menentukan cepat rambat gelombang yang terbesar jika waktu untuk merambat diketahui(option jawaban dalam bentuk gambar).

19.  Sifat Cahaya
Disajikan 4 peristiwa berkaitan dengan cahaya dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan dua sifat cahaya yang benar.

20.  Alat Optik
Disajikan tabel 4 baris dan 3 kolom pernyataan terdiri dari jenis aktivitas sehari-hari, cermin/lensa yang digunakan dan alasannya, siswa dapat menentukan 2 pernyataan yang tepat.

21.  Cermin dan Lensa
Disajikan gambar benda didepan cermin cekung sebagai stimulus yang diketahui perbesarannya, peserta didik dapat menentukan sifat bayangan benda jika benda digeser mendekati atau menjauhi posisi awal pada jarak tertentu.

22.  Gerhana
Disajikan 4 pernyataan tentang terjadinya gerhana matahari/bulan, siswa dapat menentukan 2 pernyataan benar terjadinya gerhana matahari/bulan.

23.  Akibat Rotasi dan Revolusi
Disajikan tabel sebagai berikut!
No
Fenomena Alam
A
B
C
D
1





2





3





4





Jika kolom Fenomena Alam diisi dengan akibat rotasi atau akibat revolusi bumi, dan kolom A, B, C, dan D, diisi dengan “ya” atau “tidak”, siswa dapat menentukan kolom yang benar seluruhnya merupakan akibat rotasi atau revolusi bumi. 

24.  Listrik Statistik
Disajikan gambar dua benda bermuatan listrik pada jarak tertentu, siswa dapat membadingkan gaya elektrostatika jika muatan dan jarak benda diperbesar/diperkecil.

25.  Pemuatan listrik statis
Disajikan tabel dengan 3 kolom berisi contoh pemuatan benda, kelebihan/ kekurangan elektron dan jenis muatan benda, siswa dapat menentukan pasangan yang benar (option dalam tabel).

26.  Rangkaian Listrik
Disajikan gambar 4 buah lampu yang hambatannya dirangkai secara campuran, siswa dapat mengurutkan lampu yang menyala dari paling terang sampai yang paling redup.

27.  Energi Listrik
Disajikan ilustrasi penggunaan 4 alat listrik dalam kehidupan sehari-hari dan besaran terkait diketahui, siswa dapat menghitung biaya rekening listrik dalam penggunaan 1 bulan.

28.  Rangkaian Listrik
Disajikan 4 rangkaian yang masing-masing rangkaian tersusun seri, paralel dan campuran, siswa dapat menentukan rangkaian yang megalirkan arus terkecil/terbesar (gambar berbagai option).

29.  Pembuatan Magnet
Disajikan 4 buah gambar, siswa dapat menentukan 2 gambar yang tepat cara membuat magnet.

30.  Transformator
       Disajikan tabel dua transformator dengan data tegangan kuat arus dan jumlah lilitan, siswa dapat menentukan jenis transformator dan alasannya.

No comments:

Post a Comment