Kisi-Kisi
Penulisan Soal
UJIAN
SEMESTER GANJIL
Tahun
Pelajaran 2014/2015
Jenis
Sekolah : SMP
Kurikulum : 2013
Mata
Pelajaran : IPA
Jumlah Soal : 40 butir
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 120 menit
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jumlah
Soal
|
1.
|
3.1. Memahami konsep pengukuran
berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik
sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan
terstandar (baku) dalam pengukuran
|
Objek
IPA dan Pengamatan:
- Pengukuran
- Besaran,
- Satuan
|
Peserta
didik dapat menentukan kegunaan mempelajari IPA
Peserta
didik dapat menjelaskan peristiwa pengukuran
Peserta
didik dapat mengelompokkan satuan baku dan satuan tak baku
Peserta
didik dapat melakukan konversi satuan SI
Peserta
didik dapat membaca hasil pengukuran dari alat ukur Panjang, massa, dan waktu
Peserta
didik dapat mengelompokkan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuan
SI dan alat ukurnya
|
7 soal
|
2.
|
3.2. Mengidentifikasi ciri hidup dan
tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
|
Klasifikasi
Benda:
- Ciri makhluk hidup
- Zat padat, cair, dan gas
- Unsur, senyawa, dan campuran
- Larutan asam, basa, dan garam
|
Peserta
didik dapat menentukan ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
Peserta
didik dapat membedakan karakteristik zat padat, zat cair, dan zat gas
Peserta
didik dapat menentukan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran
Peserta
didik dapat menentukan ciri-ciri larutan asam, basa, dan garam
|
4 soal
|
3.
|
3.3. Memahami prosedur
pengklasifikasian makhluk hidup dan dan benda-benda tak hidup sebagai bagian
kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda
tak hidup berdasarkan ciri yang diamati
|
Klasifikasi
Makhluk Hidup
- Tujuan klasifikasi
- Cara penulisan nama ilmiah
- Cara pengelompokkan hewan dan
tumbuhan
Kriteria
klasifikasi tumbuhan dan hewan
- Klafikasi mikroskopis dan jamur
- Klasifikasi tumbuhan
- Klasifikasi hewan
|
Peserta didik dapat menjelaskan
tujuan klasifikasi makhluk hidup
Peserta didik dapat menentukan
cara penulisan nama ilmiah
Peserta didik dapat
mengelompokkan hewan yang memiliki ciri-ciri yang sama
Peserta didik dapat
menyebutkan urutan klasifikasi makhluk hidup
Peserta didik dapat
menentukan ciri-ciri organisme
Peserta didik
dapat menentukan bagian-bagian
mikroskop
Peserta didik dapat
memberi contoh organisme yang tergolong Monera
Peserta didik dapat
menentukan ciri-ciri yang dimiliki jamur
Peserta didik dapat
menyebutkan bagian-bagian yang ditemukan pada tumbuhan paku
Peserta didik
mendiskripsikan ciri-ciri tumbuhan biji terbuka
Peserta didik dapat
mengelompokkan hewan berdasarkan persamaan cirinya
Peserta didik dapat
mengelompokkan tumbuhan yang tergolong monokotil
|
12 soal
|
4.
|
3.4. Mendeskripsikan
keragaman pada system organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme,
serta komposisi utama penyusun sel
|
Sistem
Organisasi Kehidupan
- Sel sebagai unit struktural dan
fungsional kehidupan
- Membandingkan sel hewan dan sel
tumbuhan
- Organ pada hewan dan tumbuhan
- Jaringan pada tumbuhan
|
Peserta didik dapat
menyebutkan urutan hirarki kehidupan organisme
Peserta didik dapat
menunjukkan bagian-bagian sel tumbuhan
Peserta didik dapat
membedakan sel hewan dan sel tumbuhan
Peserta didik dapat
menyebutkan organ sistem pencernaan secara berurutan
Peserta didik dapat
menentukan jaringan yang mengandung klorofil
Peserta didik dapat
menentukan pembuluh silem dan floem
Peserta didik dapat
membedakan antara sel dan jaringan
Peserta
didik dapat menjelaskan sistem organ pada organisme
|
8 soal
|
5.
|
3.5 Memahami
karakteristik zat, serta perubahan fisik dan kimia pada zat yang dapat
dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
|
- Massa jenis
- Perubahan fisika
- Perubahan kimia
- Pemisahan campuran
|
Peserta
didik dapat merumuskan massa jenis suatu zat
Peserta
didik dapat menentukan perubahan fisika dan perubahan kimia suatu zat
Peserta
didik dapat membedakan proses pemisahan campuran suatu zat
|
9 soal
|
Tim Penulis
No comments:
Post a Comment