Fisika SMP dan SMA

Fisika SMP dan SMA

Wednesday, December 16, 2015

Program Tahunan Fisika SMA kelas X K2013



PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan      : SMA DEK Padang
Mata Pelajaran           : Fisika
Kelas                           : X
Tahun Pelajaran          : 2014 / 2015

Semester

Kompetensi Inti
Kompetensi
Dasar
Alokasi
Waktu
Ket
I





































3.Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan








3.1     Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)

4.1            Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah


3.2      Menerapkan prinsip penjumlahan vektor (dengan pendekatan geometri)

4.2            Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan resultan vektor

3.3     Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan

3.4     Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus

3.5      Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi

 4.5    Menyajikan ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda)
9 x 40’













 



9 x 40’











12 x 40’






 


9 x 40’





9 x 40’

II













3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



3.6      Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari

4.6      Mengolah dan menganalisis hasil percobaan  tentang sifat elastisitas suatu bahan

3.7      Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari

4.7     Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan

3.8     Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari

4.8      Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas  dan konduktivitas kalor

3.9     Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa

4.9     Menyajikan ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa
6 x 40’










12 x 40’









 

9 x 40’












 
 
12 x 40’


Mengetahui,                                                                                                            Padang,    Juli 2014
Kepala SMA DEK Padang                                                                                     Guru Mapel Fisika

Trien Rusfa Safitri, S.Pd                                                                                           Nispu Mabrur, S.Pd

No comments:

Post a Comment