PROGRAM
TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMA DEK Padang
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas : X
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
Semester
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
I
|
3.Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
3.1 Memahami
hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan,
ketelitian, dan aturan angka penting)
4.1
Menyajikan hasil pengukuran
besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk
penyelidikan ilmiah
3.2 Menerapkan prinsip penjumlahan vektor
(dengan pendekatan geometri)
4.2
Merencanakan dan
melaksanakan percobaan untuk menentukan resultan vektor
3.3 Menganalisis
besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak
lurus dengan percepatan konstan
3.4 Menganalisis
hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus
3.5 Menganalisis besaran fisis pada gerak
melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi
4.5 Menyajikan
ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda)
|
9 x 40’
9 x 40’
12 x 40’
9 x 40’
9 x 40’
|
|
II
|
3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
3.6 Menganalisis sifat
elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
4.6 Mengolah dan menganalisis hasil
percobaan tentang sifat elastisitas
suatu bahan
3.7 Menerapkan hukum-hukum pada fluida
statik dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Merencanakan dan melaksanakan
percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu
pekerjaan
3.8 Menganalisis pengaruh kalor dan
perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari
4.8 Merencanakan dan
melaksanakan percobaan untuk menyelidiki karakteristik termal suatu bahan,
terutama kapasitas dan konduktivitas
kalor
3.9 Menganalisis cara kerja alat optik
menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
4.9 Menyajikan ide/rancangan sebuah alat
optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan
lensa
|
6
x 40’
12
x 40’
9
x 40’
12
x 40’
|
|
Mengetahui, Padang, Juli 2014
Kepala
SMA DEK Padang Guru Mapel Fisika
Trien Rusfa Safitri, S.Pd Nispu
Mabrur, S.Pd
No comments:
Post a Comment